Kamis, 17 Juli 2014

Ruang Sosial, Disitu Ku Temukan Kau Sahabat



Ruang sosial bagiku adalah sebuah ruang dimana beberapa orang mampu menjalin komunikasi dan sosialisasi untuk menjaga silaturami dan ini sangat berpengaruh untuk menciptakan sebuah kebersamaan untuk menjaga rasa damai. Berbicara ruang sosial maka tentunya Saya ingin membicarakan kehidupan anak kost. Mengapa anak kost karena mereka yang juga termasuk Saya mengalami bagaimana pentingnya sebuah ruang sosial. Saya mengambil contoh dua bentuk tipe rumah kost-kost’anya itu ada yang Cuma kamar saja sepanjang dan selebar itu rumah dan ada juga yang memiliki ruang tamu dan balkon.Menurut kalian yang mana yang paling bagus?? Dua-duanya jelas baguslah kalau di tinjau dari segi seberapa lama sudah kita mendiaminya, benar ??

Ketika sebuah rumah memiliki ruang tempat dimana orang dapat berkumpul maka mereka yang menempati rumah tersebut akan saling mengenal dan menghargai satu sama lainnya. Entah itu teori siapa yang jelas itu keluar begitu saja dalam pemikiran Saya. Tap ibukan masalah teorinya namun implikasinya tanya yang telah Saya rasakan sendiri berdasarkan pengalaman pribadi Saya sendiri di dua jenis rumah kost tersebut. Ya, pengalaman ini mampu membuat Saya begitu mensyukuri sebuah silaturahmi dengan siapapun dan dimana pun di dunia ini.
Dalam sebuah rumah kost kebetulan waktu itu Saya nyari tempat kost isenglah jalan-jalan di sebuah jalan kompleks di daerah Banjarmasin masuklah Saya menanyakan sama seorang wanita yang kebetulan sedang menjaga kost itu Saya melihat situasi dan kondisi rumah tersebut agak sumpek kecildan jelas tidak ada ruang yang dapat membuat semua penghuni kostnya mamapu bercengkrama sekedar say hello kecuali memang ada hal yang mau di tanyakan atau di perlukan baru terjadi percakapan antar penghuni kost tersebut dan benar saja karena telah berfikiran seperti itu Saya membatalkan mau pindah ke kost tersebut. Lalu si penjaga kost tadi menawarkan Saya yang di sebelah dan kebetulan juga pemiliknya sama dengan kost yang tadi Saya lihat. Kembali kamar yang di tawarkan ada di lantai dua Saya lihat di atas tersebut begitu besar ruang tengahnya dan memiliki balkon serta juga suasananya seperti bersahabat,  tak lama Saya langsung meminta kunci kamar yang di bilang kosong tadi, besok Saya langsung pindah kesana. Suasana pindahan mirip dengan orang yang sedang pindahan rumah namun hanya kalah banyak perabotnya Saya nikmati moment itu. Ini sesuatu yang baru dan suasana yang baru mari kita lihat apa yang dapat Saya lSayakan disini, ucap Saya dalam hati.
Hari berlalu seperti biasa anak baru selalu dapat pelajaran baru dan ya nikmati saja semua itu. Tak sampai sebulan Saya telah berhasil akrab dengan beberapa orang dan benar saja semua itu terjadi bukan di dalam kamar namun di ruang tamu yang Saya katakan sebagai ruang sosial para anak kost serta balkon yang begitu faham bahwa kami ingin menjalin pertemanan sampai menjadi persaudaraan. Semua berlalu banyak di ruang sosial tersebut bermain kartu, melSayakanhal-hal yang gila dan unik sampai menuangkan isi hati seakan-akan ruang publik menjadikan kami orang yang dapat di percaya bagi mereka yang mau menuangkan apa yang ada dalam fikirannya.
Ruang sosial yang memang begitu memiliki peran penting bagi para anak kost yang tak ingin Cuma nongkrong asik sendirian di dalam kamarnya masing-masing namun menarik dan mendorong anak-anak kost untuk bersilaturahmi di ruang tamu dan bal konter sebut untuk efek jangka panjang tentunya karena peretemanan ini tidak berakhir setelah selesai pendidikan kuliah.
Itulah makna pentingnya sebuah ruang sosial baik untuk diri sendiri dan untuk orang lain yang jelas jika kalian ingin mencapai sesuatu jangan lupakan bahwa terkadang kesuksesan itu bisa datang melalui seorang teman, sahabat, maupun orang lain yang sama sekali tidak kita duga dan dimana kita bertemu mereka yang jelas pasti di sebuahruang sosial, ruang sosial seperti apapun nantinya.

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar